23 Februari 2011

Memilih Alat dan Bahan Manik-Manik

1) Ketahui Apa yang ingin kita buat
Karena aksesoris dari manik-manik beragam, sebaiknya kita tau apa yang ingin kita buat pren ^_^ kalau masih bingung, cobalah untuk membeli satu buku tentang membuat aksesoris, ini juga akan memberi gambaran sederhana tentang aksesoris mana yang mudah untuk dibuat di tahap awal, serta memudahkan kita untuk memilih manik-manik yang tepat.


2) Hitung dulu berapa budget kita
Ehem..ehem.. sederhana tapi ini yang terpenting sahabat ^_^ kalau budget kita masih minimalis sebaiknya pilih aksesoris yang tidak menghabiskan bahan yang banyak. Ada baiknya juga kita fokus membuat satu jenis aksesoris tertentu dalam beragam desain, cara ini membutuhkan biaya lebih murah bila dibandingkan mencoba sekaligus membuat set perhiasan misal : anting, gelang dan kalung.

3) Pilih Manik dalam nuansa warna tertentu
Punya bahan berbagai jenis dalam aneka warna jelas akan memudahkan kita menciptakan kreasi aksesoris, tapi mahal pren... hehehehe. Secara belum tentu juga kita akan terus menekuni hobi ini, sebaiknya kita cukup bijaksana menggunakan uang kita pren ^_^ Pilih warna dalam gradasi yang nyambung untuk di padu padankan. Misalnya saja paduan warna hitam, putih, abu-abu, silver. Tips ini akan membantu kita memanfaatkan bahan yang ada dengan semaksimal mungkin.

Lalu apa aja dunk kie yang dibutuhkan?

Oh iya ya... hehehe ini dia daftar peralatan dasar banget (yang sebaiknya selalu ada) versi Koleksikikie

Tang/Plier

Bisa dibilang inilah senjata utama kita dalam menghasilkan kreasi aksesoris manik. Ragam dan fungsinya sendiri sangat beragam pren, untuk inpo lebih detail bisa klik disini

Kalau kita ngerasa ini akan jadi hobi yang lama, investasi 45.000 untuk set tang lengkap rasanya bisa dijadikan pilihan pren ^_^ Nggak murah memang tapi tang profesional untuk manik-manik ini ada yang harganya mencapai Rp 2.500.000 lho hehehe....

Nah lain halnya kalau hati kecil kita bicara lain, alias maish ragu-ragu pren.. saya kira satu buah tang long nose plier seharga Rp 12.500 sudah cukup membantu untuk membuat aneka aksesoris. Kelemahannya, aksesoris yang kita buat sedikit akan terlihat kurang rapi ^_^ karena bagaimanapun setiap jenis tang ini memiliki fungsi masing-masing.

Paku dan Jarum
Aksesoris dari rangkaian paku dan jarum ini bisa dibilang kagak ada matinye pren ^_^... karena hanya dengan menguasai teknik dasar membuat ring pada paku/jarum kita bisa membuat hampir seluruh jenis aksesoris. Mulai dari kalung, gelang, cincin, anting, gantungan Hp, gantungan kunci.

Jadi nggak berlebihan rasnaya kalau kedua benda ini sangat layak untuk dikoleksi. Info lebih detail tentang  fungsi serta jenisnya dapat di klik disini



Ring, Kodokan dan StopperBenda-benda kecil ini sepintas terlihat hanya sabagi pelengkap pren, tapi hidup jadi kurang hidup tanpa keberadaaan mereka ^_^ Karena sifat ketiganya yang sering hadir sebagai penyelamat pren, misal :

Ketika akan membuat ikatan senar di tempat yang sulit, udah gitu senarnya tinggal pendek pula ^_^ daipada pusing harus diiket model gimana, kita bisa menyetop rangkaian manik-manik ini dengan menggunakan stopper.
Caranya cukup masukkan stopper pada rangkaian senar, lalu jepit denganmenggunakan flat nose plier, hingga gepeng ^_^ hehehe gampang banget kan pren?


Ring sendiri sangat dibutuhkan ketika kita akan menggabungkan lebih dari 1 untai rantai, atau meronce manik-manik dengan lubang manik seperti pendant (tidak melintang di sepanjang manik-manik) atau menciptakan desain-desain yang tidak biasa ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar