13 Januari 2012

BUAH DELIMA

Buah delima, asli Persia, adalah salah satu buah tertua yang dikenal manusia.  Awalnya dianggap asli ke China, buah delima sebenarnya dibawa ke Cina sekitar 100 SM oleh perwakilan dinasti Han, Jang Qian, yang juga memperkenalkan ketumbar , kenari , kacang polong, mentimun , alfalfa, anggur dan biji jintan ke Timur Jauh.

Bangsa Romawi menyebutnya apel Punisia itu delima yang dibuat jalan ke Italia via Kartago (Punisia),. Dan di situlah letak akar dari nama Latin, Punicum malum (apel).  Nama saat botani adalah Punicum granatum dengan Punicum mengakui Kartago sebagai titik fokus untuk budidaya delima dan granatum mengacu pada banyak biji atau biji-bijian dalam buah.

Many Italian Renaissance fabrics boasted the pattern of cut pomegranates. Banyak Renaissance Italia yang menyombongkan potong dengan pola delima . Roma kuno tidak hanya menikmati daging segar buah ini. Karena tingginya jumlah asam tannic di kulit, mereka juga menggunakan kulit dalam proses penyamakan kulit.  Mungkin karena pangeran mahkota bunga buah ini, ia telah mendapatkan perbedaan sebagai buah kerajaan.  Chaucer, Shakespeare dan Homer memuji kebaikan buah delima dalam literatur.

Itu adalah Moor yang membawa buah berbiji ke Spanyol putaran 800 Masehi Granada bernama untuk delima, yang menjadi lambang nasional mereka. Buah delima pertama kali ditanam di Inggris dilakukan oleh tak lain dari Raja Henry VIII.

The French named their hand-tossed explosive a grenade after the seed-scattering properties of the pomegranate fruit. Prancis menamakan tangan mereka-melemparkan granat  meledak setelah benih-hamburan sifat dari buah delima. Dan pada 1791, pasukan khusus yang dibentuk oleh militer Prancis untuk memegang granat ini disebut granadir.

Meskipun tidak didokumentasikan, warna merah tua dari pip delima mungkin juga menimbulkan penamaan batu permata garnet.

Buah delima mencapai pantai Amerika melalui perantara penjajah Spanyol. Buah delima masih belum mencapai tingkat popularitas di Amerika seperti di Timur Tengah, Eropa dan Timur Jauh, mungkin karena kepenuhan benih. Delima tumbuh di Amerika Barat dan Selatan dengan beberapa keberhasilan komersial kecil.Koki rumah mereka yang cukup beruntung untuk memiliki pohon di halaman mereka membabarkan kebajikan buah ini sebagai tanaman biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar