9 Mei 2011

Penyebab pencemaran air

pencemaran air merupakan suatu perubahan keadaan tempat penampungan air yang mengakibatkan menurunnya kualitas air sehingga air tidak dapat dipergunakan lagi sesuai peruntukannya.
Limbah Pemukiman. Salah satu penyebab pencemaran air adalah aktivitas manusia yang kemudian menciptakan limbah (sampah) pemukiman atau limbah rumah tangga.
Limbah pemukiman mengandung limbah domestik berupa sampah organik dan sampah anorganik serta deterjen. Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan atau dibusukkan oleh bakteri seperti sisa sayuran, buah-buahan, dan daun-daunan. Sedangkan sampah anorganik seperti kertas, plastik, gelas atau kaca, kain, kayu-kayuan, logam, karet, dan kulit. Sampah anorganik ini tidak dapat diuraikan oleh bakteri (non biodegrable).
Selain sampah organik dan anorganik, deterjen merupakan limbah pemukiman yang paling potensial mencemari air. Padahal saat ini hampir setiap rumah tangga menggunakan deterjen.

Pencemaran AIR dapat disebabkan oleh :

PENCEMARAN INDUSTRI, banyak pabrik-pabrik membuang limbah kesungai tanpa diolah terlebih dahulu. Bayangkan..bila hal ini terjadi selama bertahun-tahun, sudah barang tentu menjadikan sumber mata air tercemar.

PENCEMARAN PESTISIDA, banyak petani dan pemilik pertanian menggunakan pestisida yang berlebihan. Saat mereka menyemprotkan pestisida.

PENCEMARAN UDARA, Industri selain membuang limbahnya ke sungai juga saat melakukan satu produksi akan menghasilkan asap yang dibuang ke udara. Kemudian asap dari kendaraan bermotor...bayangkan berapa banyak kendaraan bermotor saat ini??
Polutan yang beterbangan di udara, pada waktu hujan akan mengakibatkan HUJAN ASAM.

PENCEMARAN BIOLOGI, dapat disebabkan karena kurang baiknya sanitasi..akan menyebabkan lingkungan tercemar bakteri-bakteri berbahaya bagi manusia..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar